Pelajari lebih lanjut tentang sistem pengolahan lumpur dan air limbah akuatik

pengeringan lumpur perikanan : Sebagai salah satu sektor ekonomi utama Indonesia, industri makanan laut berkontribusi terhadap 4-5% GDP dan 10% dari total omset ekspor negara (8,5 miliar USD). Pada 2020, produksi perikanan akan sekitar 4 juta ton. Di mana, pertanian mencapai hampir 5 juta ton.

pengeringan lumpur perikanan

Air limbah perairan yang kaya akan karbohidrat, protein, lemak, dan lain-lain, bila dibuang ke lingkungan akan menurunkan konsentrasi oksigen terlarut di dalam air. Karena zat organik diurai (dioksidasi) oleh bakteri, atau menyebabkan fenomena “alga bloom”. Menyebabkan ikan, udang dan tanaman air mati lemas.

pengeringan lumpur perikanan
Quantity (t) and value (US$ 1,000) of fisheries production of Indonesia in 2011-2017 (Source: KKP, 2019c)

Di postingan sebelumnya “Mesin press lumpur dalam pengolahan air limbah, lumpur air”, ARK Indonesia memperkenalkan gambaran sistem pengolahan air limbah, lumpur akuatik. Serta posisi dan peran penekan lumpur ARK dalam tahap pemisahan air dan penyaringan lumpur. Membawa efisiensi ekonomi ke perusahaan dan zona pemrosesan ekspor. Kali ini, mari kita lebih memahami siklus kompleks di atas, dari perspektif yang mendalam.

pengeringan lumpur perikanan

https://link.springer.com/article/10.1007/s43393-020-00009-5

pengeringan lumpur perikanan

https://link.springer.com/article/10.1007/s43393-020-00009-5

I. APA ITU MENGHAPUS UASB??

Tangki biologis anoksik (atau UASB – Upflow Anaerobic Sludge Blanket) adalah item terpenting dalam tahap pengolahan biokimia pada khususnya dan sistem pengolahan air limbah pada umumnya. Di sinilah bahan kimia yang paling keras kepala dan berbahaya dalam air limbah air dipecah.

Tangki UASB dengan media filter PVC terpasang (Polyvinyl chloride) terendam air. Lapisan filter ini berongga dan memiliki luas permukaan kontak yang besar sebagai substrat bagi mikroorganisme.

pengeringan lumpur perikanan
Sistem bioreaktor anoksik UASB

Prinsip bekerja

Tangki UASB sebenarnya adalah tempat untuk membudidayakan bakteri tertentu. Mereka hidup dari energi dan produk sampingan dari pemecahan senyawa nitrogen dan fosfor dalam air limbah.

Air limbah mengalir melalui membran mikroba. Setelah periode pertumbuhan, film biomassa mikroba mengental, mencegah udara memasuki lapisan dalam. Tanpa oksigen, bakteri anaerob tumbuh, memecah bahan organik menjadi CH4 dan CO2 (melalui pengasaman, reaksi asetat). Gas-gas ini membunuh siswa aerobik yang menyebabkan film biomassa mereka terkelupas. Kemudian hanyut oleh air dan mengendap membentuk lumpur di tangki pengendapan.

Pada permukaan bahan filter PVC, film mikroba baru terbentuk, yang bersentuhan dengan oksigen. Proses ini berulang secara siklis sehingga BOD5 dan eutrofikasi lainnya ditangani secara menyeluruh.

Catatan

Kultur mikroba harus diperhatikan dengan seksama. Jumlah mereka menentukan efisiensi maksimum dari seluruh proses. Oleh karena itu, sebagian lumpur akan dipompa kembali ke tangki UASB untuk menjaga konsentrasi mikroba.

Bahan organik + Mikroorganisme anaerobik → CO2 + CH4 + H2S + NH3 +  Bimassa baru + …

II. EFEK PENGHAPUS KONDISI

Tangki pendingin bertanggung jawab untuk mengatur aliran dan konsentrasi polutan dalam air limbah sebelum dimasukkan ke tahap berikut. Selalu memiliki perangkat untuk terus meniupkan udara ke dalam tangki, pencampuran untuk menghindari fenomena anaerobik. Juga sejumlah besar klorin (deterjen pembersih pabrik) dibebaskan, dilepaskan, Gratis.

pengeringan lumpur perikanan
Tangki pendingin dalam siklus pengolahan lumpur akuatik

III. HINDARI BIOGRAFI

Air limbah dari tangki anaerobik akan dibawa ke tangki aerobik, di mana ia mengkhususkan diri dalam kultur mikroorganisme aktif di lingkungan yang kaya oksigen. Tugas mereka adalah menguraikan zat organik yang tersisa dalam rantai reaksi oksidasi – reduksi.

Tangki Anoxic dan Aerotank adalah tempat berlangsungnya proses reduksi nitrat dan reduksi fosfor.

  • Dua kelompok bakteri PseudomonasClostridium Dalam lingkungan yang kekurangan oksigen, nitrat akan berkurang (NO3) và Nitrit (NO2) dan amonium menjadi gas N2, yang keluar dari air dan keluar.
  • Bakteri Acinetobacter akan berpartisipasi dalam pengurangan fosfor.

Oksigen (udara) disuplai ke aerotank oleh blower udara, yang sangat efisien dengan gelembung udara kurang dari 10 m. Pasokan gas ke tangki untuk tujuan:

  1. menyediakan oksigen bagi mikroorganisme aerobik untuk mengubah bahan organik terlarut dalam air limbah menjadi CO2, nitrogen organik dan NH4+ menjadi nitrat NO< sub>2
  2. campur air limbah dan lumpur aktif secara merata. Menciptakan kondisi bagi mikroorganisme untuk memiliki kontak yang baik dengan substrat yang akan diolah,
  3. melepaskan gas yang menghambat mikroorganisme.
pengeringan lumpur perikanan
Tangki biologis aerobik

Persamaan Reaksi

Bahan organik + O2 + bakteri aerob → CO2 + H2O + NH3 + C5H7O2N (mewakili sel bakteri baru) + produk-produk lain

Respirasi Intraseluler: C5H7O2N (mewakili bakteri) + 5O2 → 5 CO2 + 2H2O + NH3 + Energi.

IV. JELASKAN FASILITAS, KOLAGENASI

Air limbah memiliki pH seimbang dengan penambahan NaOH untuk memastikan efisiensi flokulasi yang tinggi.

PAC – Poly Aluminium Chloride

PAC ditambahkan dan dicampur dengan baik. Zat ini berdisosiasi menjadi ion Al3+. Al3+ cepat berubah menjadi Al(OH)3 adalah endapan koloid yang mengikat partikel tersuspensi dalam air membentuk flok besar dan tenggelam ke bagian bawah.

Al3+ + 3H2O →  Al(OH)3↓ + 3H+

Polymer – Polyacrylamide

Tác dụng tương tự PAC nhưng hiệu quả cao hơn, polymer PAM Hal ini juga mampu membentuk flok berukuran lebih besar. Mereka tersuspensi dalam air dan mudah dihilangkan dengan slurry press atau tangki flotasi ARK Indonesia yang modern.

pengeringan lumpur perikanan

V. MEMAHAMI DAN CARA KERJANYA

Udara dilarutkan di bawah tekanan tinggi dan dipompa langsung ke tangki flotasi. Setelah memasuki tangki, tekanan akan menyamakan untuk menjenuhkan air dengan gelembung udara berukuran kurang dari 100 m.

Tegangan permukaan gelembung udara menyebabkan flok atau partikel padat menempel. Gelembung udara naik membentuk lapisan lumpur yang mengapung di atas air. Kotoran ini mudah dihilangkan.

VI. PENANGANAN PENYELESAIAN

1. Filter

Tangki filter tekanan terdiri dari lapisan bahan: kerikil, pasir, kuarsa dan karbon aktif. Elemen jejak, zat yang tidak dapat larut, dan halogen organik dihilangkan, untuk mencapai nilai yang ditentukan.

2. Hapus duplikat

Bahan kimia yang digunakan untuk desinfeksi adalah senyawa klorin, seperti NaOCl. Ini berdifusi melalui selubung sel, bereaksi dengan sitoplasma. Menghancurkan metabolisme, membunuh mikroorganisme.

ARK Indonesia - Nuoc clo
Klorin adalah bahan kimia yang umum digunakan untuk desinfeksi

3. Perawatan gas

Gas yang dihasilkan dari dekomposisi seperti CH4 dihancurkan oleh pembakaran.

4. Perawatan bau

Bau yang dihasilkan disedot oleh kipas sentrifugal bertekanan tinggi dengan bahan penyerap karbon aktif.

Evaluasi teknologi pengolahan air limbah, lumpur akuatik

VII. TAHAP PEMBUANGAN LIMBAH PERAIRANDi tangki penyimpanan lumpur akuatik, udara disuplai untuk menghindari bau yang ditimbulkan oleh dekomposisi bahan organik. Metode tradisional seperti tempat pengeringan lumpur, mesin pengepres lumpur generasi lama, tidak efisien dan tidak memenuhi rencana ekspansi produksi.pengeringan lumpur perikananAlternatif efektif untuk slurry press ARK modern

  • Screw slurry press: sistem tertutup, penghilang bau yang efektif, menghindari kebocoran lumpur air yang mencemari pabrik. Pengoperasian yang lancar, hemat energi, kontrol otomatis, operasi terus menerus tanpa henti. Hemat air cucian, mudah untuk mengganti dan merawat setiap sekrup, sementara sekrup lainnya masih bisa bekerja. Menghindari stagnasi dalam kegiatan produksi. Mekanisme yang ditingkatkan dengan sistem filter pemisahan, sistem cakram dinamis mengurangi gesekan dan memperpanjang masa pakai produk.
  • Tekanan bubur konveyor bertekanan tinggi: Ada banyak peningkatan dalam daya tahan, mode semi-otomatis menghemat biaya tenaga kerja. Mekanisme pengepresan lumpur yang ditingkatkan, membuat lumpur lebih kering dan lebih stabil.
  • Tekan bubur tengah: sistem tertutup, operasi otomatis penuh dan berkelanjutan. Kekuatan tinggi, kue lumpur kering, stabil. Kapasitas beragam, cocok untuk semua jenis lumpur. Daya tahan yang mengesankan, pembersihan otomatis. Ukuran ringkas, pemasangan mudah, mudah dipindahkan.
Keuntungan Kerugian
Efisiensi pemrosesan tinggi (98%) Operasi kompleks. Membutuhkan operator yang berkualitas. Tangki mikrobiologi harus dipantau secara teratur.
Mampu mengolah air limbah dengan BOD tinggi, denitrifikasi, fosfor tanpa menambahkan bahan kimia. Area konstruksi item besar

ARK Indonesia - Untitled 3

Keuntungan menggunakan mesin press lumpur ARK Indonesia modern

  • Kandungan air dalam kue lumpur keluaran kering dan stabil. Jusnya sangat transparan, mudah ditangani di tahap selanjutnya.
  • Operasi otomatis, tidak perlu tenaga kerja. Investor tanpa banyak pengalaman masih dapat beroperasi sendiri.
  • ARK Indonesia memiliki pabrik dalam negeri. Oleh karena itu, perawatan menjadi mudah dan tepat waktu.
  • Slurry press ARK menggunakan polimer yang aman dan ramah lingkungan. Hemat biaya pembelian bahan kimia.

Slurry press ARK dirancang dengan berbagai kapasitas dan dapat diterapkan ke:

  • Pabrik dan kios pengolahan makanan laut beku, mengekspor makanan laut;
  • Pabrik yang memproduksi makanan laut kering dan makanan kaleng;
  • Fasilitas produksi kecap ikan;
  • Fasilitas akuakultur dengan kolam, danau, keramba, dll.

ARK Indonesia - banner

Pastikan saat memilih ARK Indonesia tidak akan pernah kecewa < /p>
Telepon: 0977.675.754 (VN) / 0384.851.395 (KR) Website: ark-vn.com / arkvietnam.com Email: arkvn234@gmail.com Kantor Pusat: Lantai 5, Gedung N03-T7, Area Perkotaan Ngoai Giao Doan, Bac Tu Liem, Hanoi. Kantor HCM: 197 Huynh Tan Phat Street, Distrik Tan Thuan Dong, Distrik 7, HCMC.

Tinggalkan Balasan