Slurry press mana yang cocok untuk pabrik kertas?

Industri produksi kertas negara kita saat ini sangat berkembang dengan ratusan bisnis yang beroperasi. Seiring dengan manfaat besar yang dibawa industri ini, air limbahnya juga menjadi tantangan bagi pemilik dan pengelola bisnis. Meskipun limbah lumpur produksi kertas tidak sulit untuk ditangani, perlu menggunakan jenis mesin press lumpur yang tepat untuk mencapai efisiensi tertinggi.

Karakteristik lumpur dari industri kertas

Lumpur dari sistem pengolahan air limbah pabrik pulp adalah limbah padat dengan volume besar, diperoleh dari proses produksi pulp dan kertas. Selain kotoran mekanis lainnya, lumpur limbah selalu mengandung sejumlah besar serat parut.

ARK Indonesia - Untitled 1

Sistem pengolahan air limbah untuk produksi kertas daur ulang

Jenis lumpur yang dihasilkan selama produksi kertas

Dapat digunakan langsung atau diubah menjadi produk bernilai tinggi. Tergantung pada asal serat dalam lumpur, pulp yang mengandung lumpur diklasifikasikan menjadi:

  • Lumpur primer: Terbentuk selama produksi pulp kayu primitif;
  • Lumpur penghilang tinta: diperoleh dari proses penghilangan tinta kertas daur ulang;
  • Lumpur sekunder: diperoleh dari pengolahan air limbah daur ulang kertas.

Total pulp yang mengandung lumpur dapat mencapai 3-5% dari produksi kertas. Kandungan serat selulosa dapat mencapai 40-60% dari massa padat.

Pengolahan lumpur yang dihasilkan selama produksi kertas

Untuk lumpur primer dapat digunakan kembali dengan memulihkan pulp melalui tangki DAF. Pemulihan pulp dan penggunaan kembali untuk menghindari pemborosan sumber daya selalu menjadi prioritas. Khusus untuk penghilangan tinta dan lumpur sekunder, perlu menggunakan peralatan mekanis untuk perawatan menyeluruh sebelum pengumpulan. Kemudian diangkut ke tempat yang ditentukan. Ada banyak jenis pengepres lumpur di pasaran saat ini. Namun, memilih jenis slurry press yang tepat untuk industri kertas tidaklah mudah. Karena masalah seperti:

  • Apakah slurry press bekerja secara efisien?
  • Apakah mesin tahan lama?
  • Berapa harganya?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menginstal?
  • Apakah pengoperasiannya rumit? Apakah itu membutuhkan banyak tenaga?
  • Bagaimana garansi dan perawatan produk?

Dengan rangkaian pertanyaan seperti itu, investor akan membutuhkan waktu lama untuk memilih. Biarkan ARK memperkenalkan dan membandingkan slurry press yang paling cocok untuk industri kertas:

Tekan bubur tengah

Centrifugal slurry press (Decanter) adalah jenis slurry press yang sangat umum digunakan di pabrik industri. Ini adalah langkah penting dalam sistem pengolahan air limbah. Dengan keunggulan desain modular, operasi kontinu (beban masuk – keluar) dalam proses tertutup. Membawa efisiensi tinggi dengan banyak karakteristik lumpur limbah di industri: makanan, pengolahan makanan laut, pencelupan tekstil… Memberikan keamanan mutlak dan meminimalkan bau selama perawatan. Apalagi dengan desain yang ringkas untuk menghemat ruang pemasangan.

Slurry press

Mesin press lumpur sentrifugal berfungsi untuk memisahkan 2 komponen dasar larutan lumpur. Ini air dan lumpur. Alasan banyak investor memilih sentrifugal untuk sistem penyaringan lumpur mereka adalah karena sejumlah keunggulan dibandingkan dengan model lain. Solusi bubur mentah akan dipompa ke drum berputar bagian dalam dari satu ujung. Bagian ini bekerja dan secara bertahap meningkatkan kecepatan putaran untuk menciptakan gaya sentrifugal yang lebih besar. Lumpur dengan kepadatan lebih tinggi akan terlempar dari dinding drum dan menempel padanya.

Air limbah keluar melalui lubang-lubang yang disusun tebal pada sangkar yang berputar. Lumpur ditahan dan dipelintir oleh sekrup pusat (yang berputar pada kecepatan yang jauh lebih lambat daripada drum) ke salah satu ujungnya di port pelepasan. Kemudian keluarkan. Pekerja dapat mengemas atau menggunakan bak untuk mengangkutnya ke tempat yang ditentukan. Buang atau hancurkan.

Sekrup tekan bubur

Screen press adalah alat yang digunakan pada akhir proses pengolahan air limbah. Penekan sekrup dapat digunakan untuk mengganti tangki lumpur atau lumpur tebal. Mengurangi biaya membangun tangki pengolahan untuk pabrik pengolahan.

Slurry press

Prinsip kerja dari screw filter press adalah dengan menggunakan sekrup spiral khusus. Memungkinkan dehidrasi dan dibersihkan secara otomatis, menghindari penyumbatan. Dikendalikan oleh sistem operasi otomatis. Menggunakan teknologi baru dapat menggantikan mesin tradisional seperti konveyor, rangka pelat. Jenis ini perlu menggunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkan filter atau konveyor filter, yang sangat membutuhkan banyak air. Mekanisme pembersihan ini sangat ideal untuk menghilangkan lumpur yang lengket dan menyumbat.

Selain itu, kecepatan putaran sekrup juga sangat rendah (dari 2-4rpm). Oleh karena itu, biaya listrik yang digunakan juga sangat ideal (0,8kW/jam). Konsumsi lebih sedikit air daripada sentrifugal. Tingkat kebisingan mesin juga sangat rendah, hanya 63dB setelah 1-2 tahun pengoperasian yang sebenarnya.

Tekan bubur konveyor

Ini adalah jenis baru dari slurry press yang beroperasi berdasarkan prinsip menggunakan tekanan rol pada konveyor. Bubur ditekan menjadi pelat tipis, kuat dan sangat cepat kering. Air bersih masuk melalui pembukaan ban berjalan dan keluar. Pers sabuk konveyor adalah pers terus menerus. Efisiensi ekonomi relatif untuk tempat-tempat yang tidak memerlukan kelembaban terlalu rendah.

Slurry press

Perbandingan keuntungan dan kerugian dari berbagai jenis slurry press untuk industri kertas

Di antara 4 jenis pengepres lumpur paling populer saat ini. Industri kertas harus memilih 3 jenis pengepres lumpur di atas yang akan memberikan efek pengeringan lumpur yang paling sesuai.

Jenis mesin Tekan bubur tengah Tekan bubur konveyor Penekan bubur sekrup
ARK Indonesia - distilled water splash drop tap water png favpng iXEvfA5mx0KtsBa7JDmKPNkaE removebg preview ARK Indonesia - Decanter thumbnail ARK Indonesia - b tai nho ARK Indonesia - truc vit nho
Kelembaban lumpur setelah ditekan 70 – 85% (kelembaban stabil selama operasi) 75 – 85% (kelembaban dapat berubah saat menyesuaikan konveyor) 70 – 85% (kelembaban stabil selama operasi)
Operasi  24/24, lebih sedikit tenaga kerja untuk beroperasi 24/24, dibutuhkan staf tetap 24/24, lebih sedikit tenaga kerja untuk beroperasi
Harga tinggi rendah rata-rata
Pemeliharaan perawatan mudah perawatan rutin, karena ban berjalan akan kehilangan tekanan filter setelah beberapa saat perawatan mudah

Saat ini, unit produksi kertas masih lebih memilih conveyor slurry press karena harganya yang lebih murah dan persyaratan tingkat kekeringan lumpur setelah pressing tidak terlalu tinggi. Namun, penggunaan slurry press sentrifugal dan slurry press sekrup, dengan teknologi tinggi, akan memberikan kadar air yang lebih stabil pada lumpur yang ditekan. Disertai dengan efisiensi ekonomi yang lebih tinggi.

Untuk memilih mesin pres lumpur yang tepat, hubungi ARK Indonesia hari ini untuk mendapatkan saran dan penawaran tercepat.

Telepon: 0977.675.754 (VN) / 0384.851.395 (KR) Website: ark-vn.com / arkvietnam.com Email: arkvn234@gmail.com Kantor Pusat: Lantai 5, Gedung N03-T7, Area Perkotaan Ngoai Giao Doan, Bac Tu Liem, Hanoi. Kantor HCM: 197 Huynh Tan Phat Street, Distrik Tan Thuan Dong, Distrik 7, HCMC.

Tinggalkan Balasan