Mesin press lumpur dalam pengolahan air limbah, lumpur air

pengolahan air limbah air

ARK Indonesia - fish market 800015 960 720

GAMBARAN AIR LIMBAH, LIMBAH MAKANAN LAUT

Sumber stasioner

Akuakultur, eksploitasi dan pengolahan meliputi pengolahan pendahuluan, filleting, pembekuan ikan, udang, kepiting, … , produksi tepung ikan, … dengan bahan masukan yang beragam. Tahapan pergantian air di kolam, keramba, sortasi, pembersihan, pengolahan dan pembersihan peralatan akan menghasilkan limbah cair yang sangat banyak.

Limbah padat yang dihasilkan antara lain kulit kepala udang, cangkang kerang, kulit/cangkang cumi-cumi, cumi-cumi dan organ ikan, dan lain-lain yang memiliki bau yang sangat tidak sedap, terutama jika sudah terurai.

pengolahan air limbah air

Dampak lingkungan jika air limbah tidak diolah di akuakultur

Ciri-ciri air limbah jenis ini adalah tingginya kadar bahan organik terlarut, senyawa tersuspensi, dan suspensi yang mengandung nitrogen, fosfor, belerang, dan lain-lain. Zat-zat ini, jika dibuang secara langsung, ketika terurai, akan secara signifikan mengurangi konsentrasi oksigen terlarut dalam air, mencekik organisme air di sungai dan danau. Membuat air kehilangan kemampuannya untuk membersihkan diri, mencemari air permukaan, air tanah, dan wilayah pesisir secara serius.

Senyawa yang kaya akan nitrogen dan fosfor ketika dibuang ke sungai dan danau meningkatkan pertumbuhan alga yang menyebabkan eutrofikasi. Membunuh organisme air, termasuk spesies yang dibudidayakan…

Padatan tersuspensi membuat air keruh, membatasi cahaya, dan mempengaruhi fotosintesis alga dan alga. Padatan tersuspensi juga menumpuk di dasar sungai, menghambat sirkulasi air dan kapal.

pengolahan air limbah airpengolahan air limbah air

Sifat fisikokimia air limbah pengolahan makanan laut

  • 70–80% adalah senyawa organik termasuk protein, asam amino, urea CON₂H₄, lemak, dan kompleks yang sangat sulit ditangani.
  • 20–30% termasuk pasir, tanah, garam, aditif, deterjen.
  • Nitrogen dan Fosfor: Air limbah perairan mengandung N dan P dalam jumlah yang sangat tinggi, terutama fosfor tidak hanya dalam komposisi produk tetapi juga karena penambahan aditif pengolahan.
  • COD dan BOD sangat tinggi, melebihi standar berkali-kali.
  • Mengandung berbagai jenis bakteri, virus dan telur larva serta cacing yang menyebabkan penyakit. Orang yang langsung menggunakan air yang terkontaminasi berisiko tinggi tertular disentri, tipus, polio, infeksi saluran kemih, dan diare akut.
  • Amonia: sangat beracun bagi udang dan ikan bahkan pada konsentrasi yang sangat kecil. Konsentrasi yang mematikan adalah dari 1,2 hingga 3 mg/l.
Standar Satuan KONTENSITAS
Udang beku Ikan Lele Campur makanan laut beku QCVN 11:2018, Kolom B
pH 6,5 – 9 6,5 – 7 5,5 – 9 5,5 – 9
Padatan Tersuspensi (SS) mg/L 100 – 300 500 – 1200 50 – 194 100
COD mgO2/L 800 – 2000 800 – 2500 694 – 2070 80
BOD5 mgO2/L 500 – 1500 500 – 1500 391 – 1539 50
N total mg/L 50 – 200 100 – 300 30 – 100
P total mg/L 10 – 120 50 – 100 3 – 50 60
Oli dan gemuk mg/L 250 – 830 2.4 – 100 20

Menurut Administrasi Lingkungan Hidup Indonesia 2009

ARK Indonesia - xu ly nuoc thai che bien thit thuy hai san 1

PROSES PENGOLAHAN AIR LIMBAH, LIMBAH MAKANAN LAUT

Teknologi pengolahan air limbah dan lumpur akuatik saat ini sangat beragam dan kompleks. Tergantung pada bahan masukan dan metode pengolahan, air limbah yang dibuang memiliki karakteristik yang berbeda. Poin umum adalah bahwa pada tahap akhir, sebagian besar pabrik dan pabrik telah menggunakan pengepres lumpur untuk mengolah lumpur. Ini menghemat biaya, memakan lebih sedikit area tempat pengeringan lumpur tradisional dan membawa efisiensi tinggi.

ARK Indonesia - TreatmentProcessFlowChart 6 29 16002

1. Tahap pengolahan air limbah secara mekanis

Air limbah dari pabrik, zona pemrosesan, dan area akuakultur dialirkan melalui saringan. Sampah kasar berukuran besar (seperti daun, tulang ikan, sirip, cangkang krustasea, …) dibuang sebelum dialirkan ke bak pengendapan pasir. Komponen pasir akan diendapkan di bagian bawah tangki.

Tahap selanjutnya adalah conditioning tank, air limbah diangin-anginkan. Tangki pendingin bertanggung jawab untuk mengatur aliran dan konsentrasi polutan dalam air limbah.

2. Tahap flotasi, flokulasi

Alum PAC (Poly Aluminium Chloride) hay polymer PAM (Polyacrylamide) Sebagai prasyarat untuk tahap ini, flok setelah flokulasi akan mengalir melalui sistem flotasi. Sederhananya, ketika disuntikkan, gelembung udara akan muncul membawa buih minyak dan flok tersuspensi. Sistem wiper pada tangki akan menuang minyak dan lumpur dan membawanya kembali ke tangki lumpur. Bahkan pada tahap ini, padatan tersuspensi dan lemak dapat dihilangkan hingga 90%.

Faktanya, polimer memiliki efisiensi flokulasi yang lebih tinggi, ARK Indonesia saat ini mendistribusikan polimer PAM ( Polyacrylamide)</ em> dalam dua bentuk: bubuk dan emulsi dalam jumlah besar dengan diskon menarik.

3. Tahap pengolahan biologis air limbah perairan

Perawatan anaerobik

Dari tangki pendingin ke tangki UASB (bioreaktor anaerob) – Anaerobik Upflow Sludge Blanket). Mikroorganisme anaerob di sini akan menguraikan senyawa organik yang mengandung nitrogen dan fosfor. Efisiensi penyisihan COD dan BOD berkisar antara 60-80%. Produk dari proses ini adalah organik sederhana seperti metana (CH4), air, CO2, H2S.

Mikroorganisme anaerob + Bahan organik → CO2 + CH4 + H2</ sub>S + biomassa baru

pengolahan air limbah air
tangki UASB

Perawatan aerobik

Cluster tangki anoxic dan aerotank adalah tahap selanjutnya. Proses pengolahan sintetis seperti reduksi BOD, nitrifikasi, reduksi amonium dan reduksi nitrat menjadi gas nitrogen, reduksi fosfor dilakukan. Senyawa organik membandel yang tersisa dalam air limbah dioksidasi oleh mikroorganisme aerobik menjadi CO2, air. Orang sering menggunakan kembali lumpur limbah atau lumpur aktif yang mengandung mikroorganisme khusus untuk meningkatkan efisiensi pengolahan.

Konsentrasi lumpur aktif berkisar antara 1000 – 3000 MLSS mg/L (MLSS adalah singkatan dari Mixed liquor padatan tersuspensi atau zat campuran). ular). Semakin tinggi konsentrasi lumpur, semakin besar beban organik. Oksigen terus menerus dipasok ke tangki oleh sistem blower. Diameter gelembung yang ideal adalah sekitar 10 m. Oksigen diperlukan agar mikroorganisme dapat berfungsi. Sistem mengaduk secara merata untuk meningkatkan area kontak.

Setelah tangki aerotank, tangki pengendapan 2 (biological settling) adalah langkah selanjutnya. Lumpur yang dihasilkan dari biomassa mikroba serta sedimen ditahan di bagian bawah clarifier. Jumlah lumpur sebagian disirkulasikan ke tangki aerotank. Sisanya dibawa ke area pengolahan lumpur.

4. Tahap pengolahan fisiko-kimia air limbah air

Air setelah dipisahkan dari lumpur menjadi jernih dan zat terlarut berbahaya telah dikeluarkan secara maksimal. Pada tahap selanjutnya akan didesinfeksi dengan klorin atau ozon. Setelah pengukuran ulang indikator kimia, air dapat dibuang ke lingkungan atau digunakan kembali untuk produksi.

5. Tahap pengolahan lumpur air

Lumpur dari tangki pengendapan dan tangki UASB dimasukkan ke dalam tangki penyimpanan lumpur. Meski disebut lumpur, bahan utamanya tetap air. Oleh karena itu, lumpur memiliki volume dan volume yang sangat besar. Jika skala produksi pabrik pengolahan makanan laut besar, maka tangki penyimpanan lumpur pasti membutuhkan kapasitas yang besar. Jika tidak ditangani tepat waktu, akan menyebabkan kemacetan dan menghambat operasional seluruh pabrik.

→ Ini adalah saat penekan lumpur memiliki seni bela diri.

Lihat lebih banyak: Mesin lumpur – asisten yang baik dalam pengolahan air limbah industri

MANFAAT EKSTRAKTOR IKAN DALAM PEMBUANGAN LIMBAH PERAIRAN

Cara menggunakan tempat penjemuran lumpur jelas sudah ketinggalan zaman dalam situasi sekarang ini. Seiring dengan peningkatan hasil perikanan, seiring dengan skala pabrik, zona pemrosesan ekspor, zona pemrosesan makanan laut terus berkembang. Pasar bisnis Indonesia tidak lagi terbatas pada pasar domestik, tetapi juga menarik perhatian mitra internasional. Oleh karena itu, volume lumpur yang dihasilkan semakin meningkat.

Mempekerjakan unit pengolah lumpur dan penyedot eksternal hanyalah tindakan sementara. Dalam jangka panjang, biaya tahunan benar-benar jumlah yang besar. Sebaliknya, berinvestasi dalam meningkatkan sistem pengolahan air limbah dan pengolahan lumpur modern akan menjadi investasi dengan visi strategis dan keuntungan ekonomi jangka panjang.

Press lumpur akan menyaring sebagian besar air dari larutan lumpur, mengurangi volume dan volume lumpur. Dengan demikian membantu mengurangi jumlah perjalanan transportasi, mengurangi jumlah lumpur yang harus ditangani. Itu menghemat uang bagi investor.

Lihat lebih banyak: Mengapa Slurry Press merupakan investasi yang tepat dan menguntungkan?

Keterbatasan metode lama

  • Tempat pengeringan lumpur sangat memakan tempat, tergantung pada kondisi cuaca, menyebabkan bau dan pencemaran lingkungan. Belum lagi kebutuhan akan banyak pekerja dan hilangnya kesehatan pekerja.
  • Mesin dewatering lumpur generasi tua, ketinggalan jaman, tidak efisien, atau tersumbat. Perbaikan rutin, menyebabkan penundaan produksi.
  • Mesin slurry press bekerja sebentar-sebentar. Sangat sulit untuk menghilangkan lumpur secara manual, serta pembersihan yang memakan banyak air dan melelahkan.
  • Tekan bubur konveyor besar, memakan banyak ruang pabrik . Menyebabkan bau tidak sedap selama pengoperasian. Biaya tenaga kerja operasional dan air cucian. Secara teratur harus menyelaraskan ban berjalan, mengganti filter yang rumit dan berat.
pengolahan air limbah air
Metode pengolahan lumpur yang lama memiliki terlalu banyak kekurangan

Alternatif yang efektif dengan Mesin press lumpur ARK Indonesia modern

  1. Tekan bubur sekrup: sistem tertutup, penghilang bau badan yang efektif, menghindari kebocoran limbah yang menyebabkan polusi pabrik. Pengoperasian yang lancar, hemat energi, kontrol otomatis, operasi terus menerus tanpa henti. Hemat air cucian, mudah untuk mengganti dan merawat setiap sekrup, sementara sekrup lainnya masih bisa bekerja. Menghindari stagnasi dalam kegiatan produksi. Mekanisme yang ditingkatkan dengan sistem filter pemisahan, sistem cakram dinamis mengurangi gesekan dan memperpanjang masa pakai produk.
  2. Mesin press lumpur konveyor tekanan tinggi: Ada banyak peningkatan dalam daya tahan, mode semi-otomatis menghemat biaya tenaga kerja. Mekanisme pengepresan lumpur yang ditingkatkan, membuat lumpur lebih kering dan lebih stabil.
  3. Tekan bubur sentrifugal: sistem tertutup, sepenuhnya otomatis dan operasi terus menerus. Kekuatan tinggi, kue lumpur kering, stabil. Beragam kapasitas, cocok untuk semua jenis lumpur. Daya tahan yang mengesankan, pembersihan otomatis. Ukuran kompak, instalasi mudah, nyaman untuk bergerak.

pengolahan air limbah air

Layanan purna jual khusus, layanan pelanggan 24/7

Secara khusus, proses perbaikan dan pemeliharaan ARK Indonesia sangat bergengsi dan cepat. Kami memiliki hak pabrik di Indonesia. Penerapan lini mesin sepenuhnya diimpor dari Korea. Suku cadang pengganti selalu tersedia, sehingga mengurangi waktu tunggu pelanggan.

pengolahan air limbah air

pengolahan air limbah air

Pastinya, ketika memilih ARK Indonesia, Anda tidak akan pernah kecewa

Telepon: 0977.675.754 (VN) / 0384.851.395 (KR) Website: ark-vn.com / arkvietnam.com Email: arkvn234@gmail.com Kantor Pusat: Lantai 5, Gedung N03-T7, Area Perkotaan Ngoai Giao Doan, Bac Tu Liem, Hanoi. Kantor HCM: 197 Huynh Tan Phat Street, Distrik Tan Thuan Dong, Distrik 7, HCMC.

Tinggalkan Balasan