Mesin press lumpur dalam pengolahan limbah ternak

Pengolahan air limbah, kotoran ternak dan unggas merupakan kebutuhan mendesak dari peternakan. Air limbah memiliki bau yang tidak sedap sehingga mempengaruhi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Tingginya kandungan bahan organik dan eutrofikasi merupakan pencemar berat bagi daerah sekitarnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan perawatan yang menyeluruh, termasuk penerapan penekan lumpur.

limbah ternak

Pada tahun 2020, Departemen Peternakan (sebuah lembaga di bawah Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan) mengorientasikan bahwa industri peternakan Indonesia akan tumbuh sekitar 4%. Hasil daging dari semua jenis mencapai sekitar 5,5 juta ton. Babi sekitar 64-67%, unggas sekitar 25-27%, sapi yang diberi makan rumput 9-11%. Produksi telur mencapai 14,5 miliar telur dan sekitar 1,2 juta ton susu.

KOMPOSISI KARAKTERISTIK AIR LIMBAH DAN LIMBAH TERNAK

Sumber timbul terutama dari air mandi ternak (babi, sapi), feses, urin dan sisa makanan.

Limbah cair peternakan banyak mengandung bakteri, patogen, cacing, telur (spora), larva, dan lain-lain yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia jika bersentuhan langsung. Selain itu, air limbah jenis ini juga menimbulkan bau, pencemaran tanah dan air.

Contoh: Virus kaki dan mulut babi dapat bertahan dari 100 – 120 hari, telur cacing dapat bertahan selama 5 – 6 bulan.

Rata-rata, setiap hari seekor babi (babi) mengeluarkan sekitar 2 liter urin dan 2,7 kg feses. Termasuk 70-80% protein, asam amino, selulosa, lemak, karbohidrat. Sisanya adalah garam, urea, amonium, klorida, SO42-, tanah berpasir… Kandungan nitrogen dan fosfor sangat tinggi (mirip dengan air limbah dari industri akuakultur).

limbah ternak
Peternakan dengan sistem pengolahan air limbah sedang dalam proses penyelesaian

Air limbah/kotoran hewan menggunakan standar yang mana?

Mengikuti QCVN62-MT:2016/BTNMT (diterapkan pada air limbah dari babi, sapi, ayam, udang, ikan, …), nilai ambang batas parameter yang diizinkan dalam air limbah ternak adalah:

TT

Parameter Satuan Nilai

Nilai B

1

pH 6 – 9

5.5 – 9

2

BOD5 mg/l 40

100

3

COD mg/l 100

300

4

Total padatan tersuspensi mg/l 50

150

5

Total Nitrogen (dalam N) mg/l 50

150

6

Total Coliform MPN (Jumlah yang paling mungkin) atau CFU (Unit Pembentuk Koloni) /100 ml 3000

5000

PROSES AIR LIMBAH DAN LIMBAH TERNAK

Proses dasar pengolahan air limbah ternak di Indonesia, meliputi langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pisahkan kotoran
  • Biogas
  • Perawatan fisikokimia dikombinasikan dengan biologi.
  • Buang ke lingkungan atau gunakan kembali
  • Pemisahan dan pengepresan feses dalam air limbah
limbah ternak
Sơ đồ quy trình xử lý nước thải, chất thải chăn nuôi

1. Pemisahan tinja

Dari tahap pertama, mesin press lumpur telah menunjukkan kegunaannya. Peternakan sering menggunakan berbagai jenis pengepres lumpur seperti pengepres sekrup, mesin dewatering lumpur sentrifugal, …

ARK Indonesia Kami mengkhususkan diri dalam mendistribusikan dan memproduksi semua jenis pengepres lumpur di atas, dengan berbagai versi kapasitas. Dengan keunggulan lini teknologi yang sama sesuai standar Korea, kami memiliki pabrik pengolahan dan perakitan yang tepat di Indonesia.

  • Sludge press akan hampir sepenuhnya memisahkan kotoran padat dari air limbah.
  • Mengurangi konsentrasi polutan dalam air limbah, menghemat biaya sistem pengolahan bangunan.
  • Manfaatkan produksi pupuk sepenuhnya.
  • Meminimalkan jumlah komponen air, sehingga mengurangi volume dan volume sampah. Kurangi biaya transportasi, area penyimpanan.

2. Biogas

Teknologi biogas didasarkan pada aktivitas mikroorganisme anaerobik.

Tangki biogas membantu menginkubasi limbah ternak, terurai untuk menghasilkan gas seperti Metana (CH4), CO2, N2, H 2O, H2S. Dimana CH4 dapat digunakan sebagai gas, memasak, mengeringkan, dan generator pembangkit. Membantu menghemat bahan bakar.

➜ Catatan: gas H2S yang dihasilkan menyebabkan korosi pada pipa gas, sehingga perlu dibuang.

Jika pertaniannya besar, limbahnya tinggi, volumenya saat lahir tinggi. Tangki biogas akan dirancang dengan terpal HDPE (High-density polyethylene)</a > tahan air, bukan beton.

limbah ternak
Tangki biogas dirancang dengan melapisi dengan terpal HDPE tahan air

limbah ternak

3. Perawatan anaerobik

Jika tidak menggunakan tangki biogas, sistem tangki anaerobik UASB (Upflow Anaerobic Sludge Blanket) akan diterapkan.

Dari segi struktur, tangki UASB adalah tangki pengolahan dengan lapisan lumpur di bagian bawah, dengan sistem pemisahan dan pengumpulan gas, air limbah yang diolah akan keluar di bagian atas. Mikroorganisme anaerobik yang ada dalam lumpur akan menguraikan bahan organik yang ada dalam air limbah. Gas dikumpulkan dan dikembalikan ke tangki.

ARK Indonesia - be uasb la gi
Tangki anaerobik UASB

➜ Lihat lebih banyak: Pelajari lebih lanjut tentang sistem pengolahan lumpur dan air limbah akuatik

proses denitrifikasi

Dalam sistem tangki UASB, tangki anoksik terjadi proses nitrifikasi, mereduksi menjadi gas nitrogen, N2O atau TIDAK. Gas-gas ini keluar, dari mana nitrogen dihilangkan.

TIDAK3–– → TIDAK2 → TIDAK(g) → T2</sub > O(g) → N2 (g)

Beberapa spesies bakteri pereduksi nitrat yang digunakan meliputi: Bacillus, Pseudomonas, Methanomonas, Paracoccus, Spirillum, Thiobacillus, Achromobacterium, Denitro bacillu, Micrococus, Xanthomonas.

NO3 + 1,08 CH3OH + 0,24 H2CO3  →  0,056 C5H7O2N (perwakilan sel bakteri) + 0,47 N2 + 1,68 H2O + HCO3

NO3 + 0,345 C10H19O3N + H+ + 0,267 NH4+ + 0,267 HCO3  →  0,612 C5H7O2N (perwakilan sel bakteri) + 0,5 N2 +2,3 H2O + 0,655 CO2

Keuntungan

Cacat

  • Tangki UASB biasanya sangat tinggi. Oleh karena itu, jumlah lumpur dalam air limbah ternak sepenuhnya tertahan di dasar tangki.
  • Efisiensi produksi gas yang tinggi karena kondisi anaerobik yang dijaga ketat
  • Simpan daerah.
  • Teknik konstruksi dan keterampilan konstruksi yang tinggi.
  • Lebih mahal dari tangki terpal HDPE dan tangki Biogas tradisional.

4. Tangki udara

Tangki pendingin memiliki efek mengatur aliran, konsentrasi polutan dan menetralkan pH.

ARK Indonesia - hieu ro hon ve he thong xu ly nuoc thai bun thai thuy san 3
Gambar tangki AC

5. Perawatan aerobik

Tangki biologis aerobik akan menjadi tahap selanjutnya yang menentukan efisiensi perawatan seluruh sistem. Bahan organik yang tersisa akan terurai di atmosfer.

Amonia akan diubah menjadi nitrat dengan bantuan dua strain mikroorganisme Nitrosomonas dan Nitrobacter.Biomassa yang dihasilkan oleh mikroorganisme akan menjadi lumpur di tangki pengendapan.

NH4+ + 2 O2 → NO3 + 2 H+ + H2O

4 CO2 + HCO3 + NH4+ + H2O → C5H7O2N (sel bakteri, menghasilkan biomassa) + 5 O2

6. Tangki koagulasi dan flokulasi

Air limbah kemudian dipompa melalui tangki flokulasi, bahan kimia koagulan (seperti: PAC, polymer PAM) disuntikkan dalam kombinasi dengan sistem pengadukan. Konsentrasi PAC atau PAM harus dihitung dengan tepat, menghindari kekurangan atau kelebihan.

Berkat koagulan, zat tersuspensi saling menempel membentuk flok besar, yang dengan mudah mengendap di dasar tangki pengendapan dan terpisah dari air limbah.

7. Tangki pengendapan fisik dan kimia dan tangki pengendapan biologis

Koagulasi akan muncul dan terus meningkatkan jumlah lumpur. Lumpur dikumpulkan di tangki pengendapan dan dibawa ke tangki penyimpanan lumpur.

8. Antiseptik

Setelah menjalani metode biokimia, air limbah ternak masih mengandung sekitar 105-106 bakteri dalam 100ml air. Klorin akan disuntikkan ke dalam air. Ini adalah gas pengoksidasi kuat yang menghancurkan proses metabolisme yang mengarah pada penghancuran mikroorganisme.

ARK Indonesia - Nuoc clo

9. Danau Sempurna

Diformulasikan untuk menghilangkan produk sampingan beracun dari klorinasi air, sebelum dilepaskan ke lingkungan atau digunakan kembali pada ternak.

PEMBUANGAN LIMBAH, LIMBAH TERNAK

Jumlah lumpur yang dihasilkan dari tangki pengendapan akan disimpan di tangki lumpur sebelum ditekan. Metode tradisional adalah dengan menggunakan tempat pengeringan lumpur. Namun, ini adalah metode yang sudah ketinggalan zaman dan memakan banyak ruang.

Pengeringan lumpur sekali lagi memainkan perannya. Terutama, produk pers lumpur ARK Indonesia untuk lumpur jadi memiliki kekeringan yang mengesankan dan operasi yang stabil.

ARK Indonesia - Group 28

KEUNGGULAN FILTER DALAM PENGOLAHAN AIR LIMBAH, LIMBAH TERNAK

  • Buanglah sampah tepat waktu, tanpa menyebabkan kemacetan atau stagnasi. Tidak mempengaruhi lingkungan. Pada saat yang sama mengurangi risiko penyakit pada ternak dan unggas.
  • Menghemat biaya tenaga kerja dibandingkan dengan metode pengeringan lumpur atau mesin press lumpur bingkai. Modal kerja yang tidak efisien. Mengurangi dampak terhadap kesehatan manusia.
  • Menghemat biaya transportasi, menghemat air, meningkatkan efisiensi ekonomi.
  • Mekanisme operasi yang sederhana dan otomatis. Pers lumpur dapat dengan mudah ditingkatkan, tanpa mempengaruhi seluruh sistem.

Penerapan penekan lumpur untuk pengolahan air limbah dan limbah ternak membawa efisiensi ekonomi yang tinggi dan jangka panjang. Pelanggan membutuhkan saran tentang jenis mesin yang tepat, dengan penawaran harga yang terperinci. Silakan hubungi ARK Indonesia segera untuk dukungan tepat waktu.

ARK Indonesia - banner

Pastinya, ketika memilih ARK Indonesia, Anda tidak akan pernah kecewa

Telepon: 0977.675.754 (VN) / 0384.851.395 (KR) Website: ark-vn.com / arkvietnam.com Email: arkvn234@gmail.com Kantor Pusat: Lantai 5, Gedung N03-T7, Area Perkotaan Ngoai Giao Doan, Bac Tu Liem, Hanoi. Kantor HCM: 197 Huynh Tan Phat Street, Distrik Tan Thuan Dong, Distrik 7, HCMC.

Tinggalkan Balasan